Daftar Mudik Bareng 2017 Dari Jakarta

Mudik bareng adalah kegiatan rutin yang dilakukan pemerintah dalam upaya mengatasi permasalahan transportasi yang lebih baik disaat hari raya Iedul Fitri tiba. Sebab mengingat peminat dan antusias masyarakat Jakarta dalam kegiatan libur panjang lebaran tiap tahunnya selalu padat.

Sehingga kebutuhan semua moda transportasi yang menuju luar kota menjadi tinggi. Maka untuk mensiasati permasalahan transportasi saat libur lebaran inilah banyak instasni pemerintah mengadakan program mudik bareng.

mudik bareng

Kegitan Rutin Tahunan Mudik Bareng.


Dalam prinsipnya fenomena kegiatan mudik bareng ini mulai di fasilitas pemerintah secara terbuka kurang lebih sekitar 5-6 tahunan kebelakang. Karena sebelumnya kegiatan pulang kampung libur lebaran yang dilakukan masyarakat secara pribadi. Yaitu dengan menggunakan transportasi bus luar kota atau muda transportasi lainnya.

Namun karena dirasa semakin tahun kegiatan mudik ini semakin banyak peminatnya hingga terjadi siklus transportasi yang padat. Maka semenjak itu lah pemerintah mengatur dengan memfasilitasi pelayanan transportasi yang lebih nyaman dan manusiawi.

Bila ada suatu kegiatan mudik bareng yang dilakukan secara kolektif oleh masyarakat. Maka itu karna adanya pengorganisasian secara kelompok pribadi dengan tujuan yang sama.

Tapi biasanya peserta mudik bareng itu sendiri adalah masyarakat yang masih satu kampung atau satu desa di kampung halaman yang merantau di Ibu kota. Sehingga bisa sekaligus menjalin rasa silaturahmi dan persaudaraan diantara masyarakat satu kampung itu sendiri.

Biaya tiket bus yang melambung tinggi disaat libur lebaran.

Sudah kita ketahui bersama bahwa pada saat kebutuhan meningkat,baik barang atau. Sednagkan ketersediaan tersebut semakin terbatas, maka disitulah sebuah nilai ekonomi terjadi.

Jadi tidak jauh bedanya dengan kegiatan hari libur lebaran. Sebab melakukan mudik lebaran pada saat liburan hari raya, menjadi kegiatan hampir semua masyarakat. Sehingga kebutuhan transportasi semakin meningkat seperti bus, kereta, pesawat dan kapal laut.

Maka untuk mengatasi harga tiket yang melambung tinggi, biasanya kelompok tertentu mengadakan kegiatan secara kolektif yaitu mudik bareng. Namun kegiatan terebut biasanya di dominasi menggunakan moda transportasi darat atau bus. Maka permintaan sewa bus disaat libur lebaran adalah solusi terbaik yang di tempuh atas masalah yang terjadi.

Daftar Mudik Bareng 2017 Dari Jakarta Instansi Swasta dan Pemerintah


Khusunya di Jakarta, kebiatan mudik bareng pun sebenarnya banyak diselenggarakan oleh beberapa kelompok instansi pemerintah. Jadi tidak hanya inisiatif masyarakat dengan tujuan satu kampung yang sama saja yang mengadakan kegiatan mudik bareng.

Karena dari beberapa instansi swasta pun banyak yang mengasakan kegiatan mudik bareng sebagai sarana pelayanan internal atau ajang promosi perusahaan. Selain itu terdapat juga beberapa kelompok di suatu perusahaan baik besar hingga kecil  mengadakan mudik bareng.

Bahkan banyak juga yang mendasakan kegiatan tahunan ini dengan memanfaatkan mencarter sewa bus pariwisata sebagai fasilitasnya.

mudik bareng

Beberapa kegiatan mudik yang dilakukan rutin di Jakarta oleh beberapa kelompok baik dari pemerintah maupun instansi dan orgasnisasi swasta :

1. Dishub

Agenda mudik yang diselenggarakan pemerintah guna memberikan fasilitas bagi masyarakat secara gratis. Adapun mudik yang disediakan Dishub meliputi moda bus, kereta dan kapal laut.

2. Jasa Raharja

Tujuan yang di selenggarakan Jasa Rahaja dengan berbagai rute ke beberpa kota di Jawa Tengah, Jogjakarta, Hingga jawa Timur. Namun syarat bagi pesertan harus mempunyai sim C yang diangkut beserta keluarga dengan menggunakan moda transportasi bus.

3. Mudik Bareng Bersama Honda Motor MBBH

Kegiatan ini di berikan oleh PT. AHM sebagai perusahaan motor Honda untuk konsumen setianya. Karena tentu saja syarat utamanya adalah dengan melampirkan kepemilikan motor Hoda saat melakukan pendaftaran. Jadi jatah yang di berikan 2 buah kursi dan satu slot untuk motor yang diangkut menggunakan truk.

4. Mudik Bareng Yamaha Motor

Dikutip dari otomotif.kompas.com Yamaha motor juga mengadakan kegiatan mudik bareng dengan mengunakan moda bus. Adapun dengan tujuan ke beberapa daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jogjakata.

5. Indomaret

Perusahaan retail ini boleh di bilang rutin mengadakan mudik bareng untuk para pelanggan dengan memberikan program promo jualan. Adapun moda transportasi mudik bareng Indomaret terbilang cukup komplit. Karena menyiapkan jadwal pemberangakatan dengan sarana bus, kereta dan pesawat. Adapun untuk tujuannya masih meliputi pulau Jawa.

6. Pepmprov Jawa Tengah

Pemprov Jawa Tengah ini menyediakan layanan mudik bareng yang tentunya dengan tujuan kebeberapa daerah ke Jawa Tengah dari Jakarta. Adapun syaratnya hanya dengan menyertakan foto copy KTP dan KK saja yang masih berlaku .

Tapi sistem pendaftarannya hingga saat ini masih secara manual alias tidak online. Jadi para calon pemudik dipersilahkan mendaftar dan membawa persyaratannya di Jl. Prapanca II/11. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. http://www.solopos.com/2017/05/04/lebaran-2017-mau-mudik-gratis-begini-caranya-814344

7. PT Sidom Muncul

Sebagai bukti pelayanan kepada parter bisnis,  PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul tiap tahunnya mengadakan mudik bareng. Adapun pesertanya adalah dari kalangan agen atau distributor dari produk Sido Mucul itu sendiri. Sedangkan rutenya dengan tujuan ke Kuningan, Cirebon, Tegal, Solo, Yogyakarta, Wonogiri, Banjarnegara.

8. PT. Pertamina (persero)

Sebagai perusahaan yang membri peran dalam kemajuan bangsa, Pertamina juga mengadakan kegiatan mudik bareng yang di langsungkan setiap tahunnya. Adapun para peserta yang ikut dalam rombongan adalah para mitra kerja Pertamina. Antara lain petugas SPBU, mekanik bengkel Enduro, pekerja pabrik Pelumas Pertamina, dan pekerja outsourcing Pertamina beserta keluarganya. Jadi Pertamina untuk di tiap tahunnya selalu bekerjasama dengan bus pariwisata White Horse sebgai parter  mudik bareng untuk tujuan Jawa dan Sumatra.
Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.