Tampilan dan Layanan Bus Trans Jakarta

Transjakarta,  yang biasanya masyarakat menyebutnya BUSWAY adalah angkutan umum berbasis masal yang menerapkan sistem BRT (Bus Rapid Transit). Saat ini Transjakarta merupakan angkutan umum yang yang menjadi primadona masyarakat Jakarta.

Karena Transjakarta di ganyang-ganyang menjadikan cikal bakal sebuah transportasi mederen yang dilakukan oleh Pemprov DKI. Karena palig tidak sisetem ini merupakan sebuah realisasi program nyata untuk mengatasi sebuah masalah per transportasian di DKI Jakarta khususnya.

Trans Jakarta Untuk Jakarta Yang Lebih Baik

Semenjak di operasikannya sejak tahun 2004 hingga sekarang, Trans Jakarta terus berevolusi dan selalu mengupdate segala bentuk pelayanan kearah yang lebih baik. Apalagi saat ini Trans Jakarta di kelola oleh PT. Transpotasi Jakarta yang pada tahun 2015 telah berstatus BUMD (Badan Usaha Milik Daerah).

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, Trans Jakarta terus melakukan inovasi-inovasi di berbagai segemen permasalahan yang ada. Mulai dari penambahan koridor, penambahan unit, peremajaan kendaraan hingga penambahan durasi operasional.

Transjakarta kini melyani hingga 24 jam dan  jumlah tenaga kerja yang dikaryakan kurang lebih sekitar 6.000 orang. Meliputi Pramudi, Onboard / petugas bus, Barrier / petugas halte, dan petugas kebersihan. 

Tampilan dan Layanan Bus Trans Jakarta

Dibawah ini saya akan memberikan informasi tentang armada dan pelayanan Bus Trans Jakarta yang semakin lebih baik. Karena sejak masa pengoperasian pertama hingga sekarang banyak mengalami perubahan kearah yang lebih baik. Terutama untuk menujang segala kebutuhan transportasi Bus penumpang hingga Bus wisata di Jakarta.

Logo


PT. Transjakarta meluncurkan logo baru untuk layanan bus Transjakarta pada hari senin tanggal 10 November 2014. 
"Semangatnya adalah semangat pembaruan untuk terus bertransformasi memberikan pelayanan yang lebih prima" kata Direktur Utama PT Transjakarta Antonius NS Kosasih saat peluncuran logo baru Transjakarta di Lapangan Monas, Jakarta.

Logo tersebut adalah hasil dari pemenang lomba desain logo Transjakarta yaitu Fakhri Azmi 20 tahun yang diikuti 2.250 peserta. Pemprov DKI sengaja tidak mengganti semua bus Transjakarta dengan logo baru tersebut, hanya armada baru saja yang menggunakan logo baru. Sedangkan armada lama sengaja dibiarkan dengan logo lama. Alasannya adalah agar masyarakan dapat membedakan dan menilai transformasi yang dilakukan Pemprov DKI 

Armada Transjakarta


Ini adalah konsep utama layanan, dimana rute perjalanannya melalui Koridor khusus yang terintegeritas. Jalur tersebut kesemua maelalui jalan utama tanpa melalui daftar jalan tol di Jakarta. Yaitu sepanjang 208 km serta memiliki 228 stasiun BRT / Shelter  yang tersebar dalam 12 koridor .

Jabodetabek


Layanan Trans Jabodetabek ini melayani atau merambah ke berbagai wilayah penyanggah Ibu Kota yang terintegritas dengan Transjakarta. Namun Trans Jaboetabek diadakan oleh Ditjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan. Kemudian sebagai pelaksannya di tunjuk PPD yang mengoperasikan Trans Jabodetabek.

Bus pengumpan


  • BKTB (Bus Kota Terintegeritas Busway) Adalah bus angkutan umum masyarakat dalam kota yang tidak terjangkau dengan Halte atau Shulter Busway. Seedangkan umumnya aramda yang melayani ialah armada type bus medium.


  • Rusunawa Freeder Bus atau Bus pengumpan merupakan sebuah produk Transjakarta yang melayani tarif gratis untuk pemilik rumah susun sederhana. Setiap penumpang yang terakses dengan lokasi rusunawa tersebut cukup dengan menunjukan KTP sesuai dengan domisili rusun. Tapi bagi anda yang bukan pelik KTP rusun maka diwajibkan untuk membeli tiket sesusai harga yang berlaku.

Bus Gratis


Penghapusan sistem lalulintas "three in one" yang digantikan menggunakan sistem "ganjil genap", maka pelayanan bus gratis di berlakukan oleh Transjakarta. Jadi salah satu cara untuk yang ingin melintasi Bunderan Senayan menuju Harmoni bisa menggunakan Trans Jakarta secara gratis. Layanan ini berlaku pada Pk 05.00 - Pk 20.00. Bahkan untuk meningkatkan mutu pelayanan penumpang,  Pemprov DKI Jakarta menyiagakan 10 armada bus Transjakarta   gratis ini.

Bus Wanita


Pada tanggal 21 April 2016 dan bertepatan dengan Hari Kartini, Transjakarta meluncurkan armada yang di peruntukan untuk penumpang wanita. Adapun totalnya ada 10 unit dan bahkan petugas onbard dan driver yang bertugas juga wanita.

Armada ini melayani pada koridor 1 yaitu rute Blok M - Kota. Dengan desain yang dinamis dan dengan sistem ini diharapkan mampu menambah kenyamanan penumpang Transjakarta. Serta mampu menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang biasa sering dialami oleh kaum penumpang wanita. Seperti kriminalaitas dan pelecehan seksual.

Bus Wisata Jakarta



Layanan PT Transportasi Jakarta menyiapkan Bus wisata Jakarta yang memiliki 4 Koridor yang berbeda. Layanan bisa melayani penumpang yang ingin berwisata di Jakarta / City Tour tiap hari.

Bus Wisata Transjakarta ini disebut dengan Jakarta Explore yang menggunakan bus type Double Dacker atau Bus tingkat. Kendaraanini juga dilengkapi dengan program Audio yang di gunakan untuk menjelaskan tentang latar belakang dan icon-icon kota Jakarta dari lokasi yang disinggahi.

Bus Rombongan


Dalam upaya mengenalkan dan membudayakan moda transportasi umum dalam hal ini Transjakarta. Maka PT Trasportasi Jakarta membuat program bus khusus rombongan.

Bus ini melayani rombongan sekolah untuk program edukasi dan untuk rombongan umum. Sehingga program ini dimaksudnkan untuk membangun pola pikir generasi muda untuk mendukung program angkutan transportasi umum yang lebih manusiawi. Selain itu program ini juga menciptakan masyarakat yang disiplin dalam antrian dan disiplin dalam berprilaku pada angkutan umum.

Tapi untuk anda yang ingin memanfaatkan angkutan Bus Rombongan ini ada beberapa persyaratan dan mekanismenya. Salah satunya mengajukan permohonan dan melampirkan informasi mengenai rute yang di ajukan / dipilih.
Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.