Mengenal Kartu E-TOLL


Pengertian dan mengenal kartu e-Toll.

E-TOLL adalah sebuah program yang di kembangkan oleh pengelola jalan tol, seperti Jasa Marga, Cipta Marga Nusaphala Persada, Marga Mandala Sakti dan Jalan tol Lingkar Luar Jakarta (JLJ). Program ini di reaslisasikan pada sekitar tahun 2012, dimana fungsinya utamanya adalah untuk mempersingkat transaksi kendaran di gerbang tol. Untuk jenisnya kendaraan disini bisa beroperasi hanya untuk kendaraan Golongan I, mulai dari mobil kecil hingga bus sedang / medium bus, namun belum berlaku untuk jenis bus besar dan bus pariwisata.

Bentuk fisik penggunaan kartu e-Toll.


Kartu e-toll adalah kartu prabayar pintar dan nirsentuh (contactless smartcard) yang diterbitkan oleh Bank Mandiri sejak tahun 2009. Hingga saaat ini untuk semua jalur Tol di Jakarta sudah bisa dioperasikan dan mempunya gerbang TOL sendiri (non tunai). Walau begitu di beberapa gerbang tidak terdapat gerbang non tunai (GTO) tetapi tetap bisa dilalui pengguna yang menggunkana e-Toll. Kita tinggal memberikan kartu e-Toll kepada petugas dan petunggas tinggal meng tap kan pada mesin yang disediakan. Jangan khawatir saldo kita setelah transaksi tetap akan terpampang di papan informasi di depan yang disediakan.

Bagi kita yang mungkin belum mengenal Kartu e-Toll akan kesulitan bagai mana sistem penggunaannya dan cara untuk mengisi ulang saldonya. berikut beberapa informasi cara mengisi ualng saldo pada kartu e-Toll anda (top up) :
  • Kartu e-TOLL dapat disini ulang pada mesin RDC mandiri prabayar.
  • Pngisian tunai pada Cabang Bank Mandiri dan seluruh outlet Indomaret.
  • E-Banking (mandiri Internet, mandiri SMS, mandiri ATM)

Manfaat kartu e-Toll.

Sebagai sarana yang mempermudah transaksi kita saat di gerbang tol tentunya sangat kita butuhkan bukan. Apa lagi bagi kita yang hampir setiap hari yang mempunyai aktifitas tinggi di jalan raya Ibu Kota (Khsusunya). Anda tidak perlu mengumpulkan uanag recehan baik berupa uang kertas atau uang logam yang tertumpuk di dalam kendaraan.. Dengan kartu e-Toll ini sebenarnya banyak memiliki manfaat yang lain bagi anda penggunanya, antara lain :
  • Kartu e-Toll ini sebagai pengganti uang uang cash pemayaran di gerbang tol yang bisa di pindah tangankan (jadi jangan sampai hilang saat saldonya masih banyak ya....)
  • Lebih praktis karna bisa disi ualang maksimal hingga Rp 1.000.000 (satu juta) dan minimal saldo Rp 10.000 (sepuluh ribu).
  • Sebagai pengganti uang tunai anda juga.
  • Transaksi yang lebih cepat, yang durasinya hanya berkisar 7 detik.
  • Dapat juga di gunakan untuk bertransaski di luar merchant TOl, seperti Indomaret, SPBU dan beberapa merchant F&B lainnya yang berlogo khusus. 

Lebih mengenal kartu e-Toll di Jakarta.

Pada dasarnya cara memperoleh kartu e-Toll saat ini sangatlah mudah di Jakarta, karna selain program ini sudah berjalan sejak lama. Pengembangan-pengembangan produk juga gencar dilakukan untuk membantu mensukseskan program pemerintah. Selain disediakan juga dengan mudah bila kita hendak membeli kartu e-Toll di beberapa gerbang masuk tol di Jakarta. Juga selain Bank Mandiri beberapa bank BUMN juga sudah mengeluarkan kartu e-Tol bagi nasabahnya seperti BRI, BNI dan BTN. Sealin itu juga beberapa gerai yang ditunjuk juga bisa dengan mudah anda dapati seperti di Indomart dan Alfa Mart.

Jadi bagi anda penduduk Jakarta atau yang mempunya aktifitas berkendara yang padat atau dihimbau untuk menggunakan kartu e-Toll untuk memperlancar antrian di gerbang Tol di Jakarta. Walu saat ini hampir di setiap daerah sedang juga di gencarkan GTO di setiap jalan tol yang ada. Terutama anda pelaku transportasi pastilah program ini sangat menunjang kelancaran adan di jalan raya. Mari sukseskan gerkan pemerintah untuk lebih mengenal kartu E-TOLL dan menggunakan kartu e-toll di Jalan TOL / GTO
Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.